Bukan dari Jurusan IPA, Apa Bisa Masuk Sekolah Pilot?

Tenang, meski bukan dari jurusan IPA kamu masih bisa masuk sekolah pilot. Asal punya kemampuan bahasa Inggris yang bagus, tidak punya penyakit ayan, jantung, & buta warna, serta tidak gemuk & pendek.

Sekolah pilot dari jurusan IPSApakah untuk masuk sekolah pilot harus berasal dari jurusan IPA? TIDAK. Kamu yang telah lulus SMA dengan jurusan IPS, lulus SMK jurusan otomotif, perkantoran, perkapalan, dsb, atau lulus kuliah dengan jurusan ekonomi, akuntansi, komputer, dsb punya peluang yang sama dengan mereka lulus dari jurusan IPA. Untuk sekolah pilot swasta di dalam negeri umumnya menerima calon siswa dari semua jurusan, terpenting sudah lulus SMA atau sederajat. Kalau sekolah pilot di luar negeri rata-rata tidak mengedepankan jurusan IPA, terpenting mampu melalui berbagai tes yang diajukan. Sejatinya, sekolah pilot lebih mengutamakan calon siswa memenuhi beberapa persyaratan berikut:

Punya kemampuan bahasa Inggris yang bagus

Kemampuan bahasa Inggris yang bagus menjadi syarat mutlak masuk sekolah pilot. Tidak lain karena semasa pendidikan di sekolah pilot, siswa bakal berkomunikasi atau mendengarkan instruktur penerbangan berbahasa Inggris. Siswa juga bakal mempelajari buku panduan penerbangan untuk meningkatkan wawasan terbang yang menggunakan bahasa Inggris mengingat penerbitnya dari luar negeri. Ketika telah menjadi pilot, komunikasi dengan ATC (pemandu lalu lintas udara di mana tempat kerjanya berada di menara di bandara) mulai dari take off, di langit, sampai dengan akan landing wajib menggunakan bahasa Inggris. Rata-rata sekolah pilot mengharuskan calon siswa memiliki kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dalam sertifikat TOEFL dengan score 400. Kamu sudah memenuhi syarat ini? Jika kemampuan bahasa Inggris kamu masih di bawah score 400, sebaiknya belajar lagi bahasa Inggris dengan intensif sebelum mendaftar.

Tidak punya penyakit ayan, jantung, dan buta warna

Penyakit ayan atau epilepsi merupakan penyakit saraf yang punya gejala seperti berikut: kejang-kejang, pingsan, gigi menggertak, keluar air liur, dsb. Tidak bisa dibayangkan apabila pilot mengidap penyakit ayan, bukan? Pilot bisa mencelakakan awak pesawat & penumpang jika ia kambuh ketika terbang. Untuk itu, sekolah pilot tidak memberikan tolerir kepada calon siswa dengan penyakit yang satu ini. Di samping itu, calon siswa juga dipastikan tidak memiliki penyakit jantung (jantung koroner, aritmia jantung, jantung bocor, dll). Masa pendidikan di sekolah pilot umumnya semi militer. Ditakutkan dengan masa pendidikan yang cukup berat akan membuat siswa dengan penyakit jantung bisa kambuh bahkan mengancam keselamatannya. Saat mendaftar di airline pun tentunya bakal ditolak terus menerus. Calon pilot dengan mata rabun (maksimal 3), masih ada kesempatan tapi jika buta warna tidak ada kesempatan. Mata rabun masih bisa melakukan LASIK untuk penyambuhan, sedangkan buta warna tidak bisa disembuhkan.

Tidak gemuk & pendek

Fisik yang ideal juga jadi salah satu syarat masuk sekolah pilot. Coba lihat, rata-rata pilot punya tubuh yang ideal bukan? Jika kamu bukan dari jurusan IPA tapi tidak gemuk & pendek, kesempatan masuk sekolah pilot besar kok 😀 Kalau kamu punya badan yang gemuk, segera lakukan diet sehat untuk mendapatkan tubuh ideal agar bisa lolos sekolah pilot. Berikut tips-tips dalam melakukan diet sehat: ganti nasi putih dengan nasi merah, kurangi porsi makan tapi perbanyak sayur, perbanyak makan buah, ganti camilan dengan buah, makan tepat waktu, hindari makan sebelum tidur, jauhi gorengan, makanan siap saji, atau makanan beku, dan tak kalah penting olahraga teratur minimal 3 kali seminggu. Sudah berusia 20 tahunan memang cukup sulit untuk meninggikan badan, tapi setidaknya berusaha dulu. Minum susu sebelum tidur, olahraga peninggi badan (vertical hanging, basket, berenang, dll), dan minum suplemen peninggi badan yang terpercaya (ada izin BPOM, kandungan bahannya alami, dll).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *